Satgas Covid Alor Lakukan Rapid Antigen

Satgas Covid Alor Lakukan Rapid Antigen

Demi menjaga agar kabupaten alor tetap dalam zona hijau, satgas covid kabupaten alor terus melakukan upaya tracing dan testing kepada warga masyarakat, salah satunya adalah melakukan kegiatan rapid antigen kepada peserta kegiatan masyarakat. 

Dalam 2 hari ini yaitu pada hari rabu dan kamis (19 dan 20 mei 2020), ada 2 rencana kegiatan masyarakat yang seluruh pesertanya dilakukan rapid antigen oleh satgas covid kabupaten alor di klinik Polres Alor. Kegiatan tersebut yaitu rencana kegiatan Persami Pramuka Saka Bhayangkara Polres Alor yang akan diikuti sekitar 47 orang Pramuka Saka Bhayangkara dengan hasil 47 orang dinyatakan Non reaktif. Kegiatan kedua adalah kompetisi E Sport yang diselenggarakan oleh E Sport Indonesia yaitu kompetisi Game Online Mobile Legend,dengan jumlah peserta 72 orang dengan hasil 72 orang dinyatakan non reaktif. 

Menanggapi hal tersebut, kapolres alor yang juga merupakan salah satu wakil ketua Satgas penanganan covid 19 kab alor menyampaikan bahwa kegiatan rapid antigen tersebut sebagai salah satu upaya untuk meyakinkan bahwa seluruh peserta kegiatan tidak ada yang terpapar virus covid, namun tentunya dalam berkegiatan meskipun sudah dilaksanakan rapid dengan hasil non reaktif, harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan secara ketat, melakukan pembatasan terhadap peserta berkerumun di suatu tempat dan tidak mengakibatkan penumpukan penonton. Hal tersebut sudah kami komunikasikan dengan panitia penyelenggara apabila tidak mematuhi protokol kesehatan secara ketat maka siap untuk dibubarkan. 

Kapolres menambahkan hal ini hendaknya dapat dicontoh bagi warga masyarakat yang akan menyelenggarakan kegiatan agar terlebih dahulu melaporkan rencana kegiatan kepada satgas penanganan covid 19 agar dapat dilakukan beberapa kegiatan antisipasi terhadap penyebaran virus covid 19, salah satunya dengan melakukan rapid antigen sebelum berkegiatan. Selain itu melaporkan rencana penerapan protokol kesehatan secara rinci dalam kegiatan sehingga dapat dipastikan bahwa kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai prokes ketat guna mengantisipasi penyebaran virus covid 19 di kabupaten alor. 

Plt Kadis Kesehatan Kab Alor Dr Ketut Indrajaya Prasetya saat dikonfirmasi menyatakan bahwa kegiatan testing ini sesuai kebijakan nasional untuk terus mendeteksi penyebaran virus covid 19 yang diketahui saat ini telah terdapat mutasi virus covid 19 yang harus diwaspadai bersama sehingga Kabupaten Alor saat ini sudah kembali di zona hijau tetap terjaga, perlu kepedulian semua pihak untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan 

Berkaitan dengan pelaksanaan rapid antigen yang dilaksanakan oleh satgas covid kab alor juga mendapat tanggapan positif oleh panitia E Sport Competition dan para peserta, hal ini tentunya sangat membantu kegiatan masyarakat yang aman dan sehat terhindar dari penyebaran virus covid 19 terutama di Kabupaten Alor.