Polres Alor Amankan Pria Depresi yang Meresahkan Warga

Polres Alor Amankan Pria Depresi yang Meresahkan Warga

Tribratanewsalor.com, - Polres Alor amankan laki – laki berinisial  IA ( 23 tahun ) , yang sempat meresahkan warga desa Ampera Kec. Alor  Barat Daya , IA laki – laki yang berdomisili di Desa Kuimasi, Kecamatan  Fatuleu , kabupaten Kupang NTT, diamankan setelah sebelumnya Polres Alor mendapati informasi masyararat terkait diamankan seoarang laki – laki yang tidak di kenal, Rabu Malam ( 01/02 ) 

Warga yang  merasa  resah  diakibatkan maraknya pemberitaan  Hoax tentang penculikan anak, membuat kehadiran IA ( 23 tahun) yang sedang duduk  dipinggir pantai yang berlokasi di Desa Ampera, membuat warga di desa tersebut merasa curiga  dengan tingkah laku IA yang memperhatikan anak - Anak, yang akhirnya dari tingkah laku tersebut, Akhirnya IA diamankan warga desa Ampera, untuk dilaporkan ke pihak Polres Alor .

Menindak lanjuti informasi tersebut Polres Alor langsung menerjunkan personilnya ke TKP untuk mengamankan IA dan melakukan pemeriksaan dan dari hasil pemeriksaan awal tersebut, menerangkan bahwa IA ( 23 Tahun ) sedang dalam keadaan defresi, dimana Menurut Sdr. IA dirinya bepergian dari Rumahnya Desa Kuimasi dengan tujuan ingin jalan-jalan di pelabuhan Tenau Kupang, karena belum pernah bepergian menggunakan kapal laut dirinya langsung naik ke atas kapal Tol laut sabuk Nusantara 104 yang sedang berlabuh di pelabuhan Tenau Kupang. Kemudian pada saat kapal berangkat dirinya juga ikut dalam pelayaran, Saudara IA juga menambahkan bahwa dirinya tidak mengetahui jika kapal yang ditumpanginya membawa dirinya ke Kab. Alor dan tiba di Kab. Alor pada hari Senin tanggal 30 Januari 2023, Sesampainya di Kab. Alor tepatnya di pelabuhan Dulionong Kalabahi, Saudara IA merasa Penasaran dengan Kabupaten Alor dan melakukan perjalanan tanpa tujuan untuk melihat - lihat situasi Kab.Alor, dan dari pemeriksaan terhadap saudara IA juga menerangkan bahwa dirinya  sudah berada di wilayah Kabupaten Alor Kurang Lebih 3 (tiga) hari  dan menjelaskan bahwa pada hari pertama tiba di Kab. alor dirinya menginap di Rumah salah satu Warga namun tidak mengetahui lokasi tempat tinggal maupun Identitas  warga Tersebut dan pada hari ini  tanggal 01  Februari 2023 dirinya berencana untuk kembali ke kupang sehingga yang bersangkutan mendatangi Pelabuhan Dulionong  kalabahi Namun setibanya di pelabuhan dulionong kalabahi dirinya  tidak mendapati  Kapal laut dengan tujuan kupang.

Setelah mengetahui tidak adanya jadwal kapal dengam tujuan Kupang Saudara IA akhirnya menumpang salah salah satu angkutan umum pedesaan jalur Kec. Alor Barat Laut dan diturunkan di Desa Ampera sesampainya tiba di Desa Ampera dirinya langsung pergi ke pantai dan duduk disalah satu perahu nelayan yang  sedang berlabuh di pinggir pantai dengan tujuan jika ada perahu nelayan yang ingin berlayar ke Kupang dirinya ingi  meminta agar bisa ikut berlayar ke Kupang.Namun pada saat itu karena dirinya merupakan orang baru yang berada di wilayah Desa Ampera, dirinya langsung diamankan disalah satu rumah warga yang berada di Desa Ampera.

selain itu dalam pemeriksaan awal  Polres Alor juga sempat menghubungi keluarga besar  IA yang berdomisili di desa Kuimasi , membenarkan bahwa IA sudah meninggalkan rumah sejak hari sabtu  29 Januari 2023, dan pihak keluagapun sempat melakukan pencarian namun hasilnya nihil ,selain itu pihak keluarga IA juga menyampaikan bawasanya IA di ketahui depresi dan sudah pernah di Konsultasikan ke rumah sakit Jiwa di kupang pada bulan oktober tahun 2022, pihak keluargapun mengucapkan terima kasih dan Apresiasi ke pihak Polres Alor dan berharap agar yang bersangkutan bisa di pulangkan ke pihak keluargannya lA. 

Informasi tentang diamankan IA pun sempat viral melalui pesan berantai yang menginformasikan bawasannya IA ( 23 Tahun ) diamankan terkait melakukan penculikan anak , namun setelah di telusuri tentang keabsahan pemberitaan tersebut  tidak di temukan adanya laporan terkait penculikan anak seperti informasi yang beredar melalui pesan berantai yang viral di media sosial

Kapolres Alor yang di wawancari di ruang kerjannya menyampaikan membenarkan  mengamankan laki - laki Berinisial IA di wilayah hukum polsek alor barat laut, orang tersebut diduga merupakan sindikat penculikan anak, namun sebelum kita dalami lebih lanjut yang bersangkutan ini adalah orang yang asalnya dari kupang, secara tidak sengaja, karena dia tidak tahu kapal ini akan menuju ke alor, kita sudah berhasil komunikasi dengan pihak keluarga, dan keluarga nya menyatakan bahwa yang bersangkutan ini sedang ada permasalahan dengan kejiwaan nya, itu berdasarkan hasil pemeriksaan  Medis  dari salah satu Rumah sakit di kupang. 
Jadi hasil kesimpulan yang kita dapatkan bahwa tidak benar orang tersebut merupakan penculik anak. Ini berita Hoax, dan saya juga berharap masyarakat agar tidak mudah terpancing dengan pemberitaan pemberitaan yang tidak berdasar itu tutupnya. 

Saat ini yang bersangkutan masih kita amankan, kita antisipasi adanya orang orang yang terpancing atau berniat  untuk melakukan perbuatan perbuatan tertentu kepada yang bersangkutan, 
Rencananya malam ini ada jadwal penyeberangan dari alor ke kupang, yang bersangkutan akan kita koordinasikan dengan pihak keluarga dan akan kita berangkatkan ke kupang.