Dukung Transformasi Menuju Polri yang Presisi, Polda NTT Gelar Kegiatan Donor Plasma Konvalesen Covid 19

Dukung Transformasi Menuju Polri yang Presisi, Polda NTT Gelar Kegiatan Donor Plasma Konvalesen Covid 19

Dalam rangka mendukung program Transformasi menuju Polri yang Presisi oleh Kapolri, Polda NTT menggelar kegiatan Donor Plasma konvalesen Covid 19 di lobby Mapolda NTT, Selasa (16/3/21) pagi.

Kegiatan dihadiri Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lothatia Latif, S.H., M.Hum Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. A. Kliment Dwi Korjanto, M.Si, Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip  Yulianto, S.H., M.H., M.Si, Kepala PMI Porovinsi NTT dr. Samson Ehe Terong serta para  Pejabat utama Polda NTT.

Target dari kegiatan ini menyediakan 200 kantong darah yang terdiri dari 130 kantong darah biasa dan 70 kantong darah konvalesen.

Untuk diketahui metode plasma konvalescen merupakan terapi yang menggunakan bagian plasma darah penyintas Covid-19 yang telah sembuh. Plasma darah tersebut ditransfusikan ke tubuh pasien positif Covid-19.

Golongan darah antara pendonor dan pasien yang akan menerima donor plasma tersebut harus sama. Saat seseorang terinfeksi virus corona, sistem imun tubuhnya akan mulai memproduksi antibodi, khususnya sel pelindung yang mengenali dan melawan virus corona. Ketika pasien dinyatakan sembuh, antibodi ini akan tersimpan dengan sendirinya dalam darah.

Pada kesempatan tersebut Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PMI Provinsi NTT yang berjuang tanpa pamrih dan penuh keikhalsan di tengah-tengah pandemi Covid 19 yang saat ini masih terus kita hadapi.

Pemerintah telah melaksanakan upaya-upaya dan langkah-langkah yang luar biasa dalam menyelamatkan seluruh masyarakat Indonesia mulai dari penanganan awal Covid 19 ini sampai dengan sekarang ini.

"Seluruh anggota Polda NTT sudah saya perintahkan untuk melaksanakan Rapid Tes Antigen. Hampir sebagian besar personel Polda NTT sudah melakukan tes. Awalnya mungkin orang takut, namun ketika saya memberikan penghargaan kepada Nakes di lingkungan Polda NTT beberapa waktu lalu, saya menekankan bahwa penekanan terhadap Covid 19 ini harus humanis"ucap Kapolda dalam sambutannya.

Jenderal bintang dua di jajaran Polda NTT ini mengaimbau kepada masyarakat apabila mengalami sakit dengan ciri-ciri Covid 19, hendaklah melapor kepada pihak medis sehingga bisa mendapat penanganan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Kapolda memberikan apresiasi kepada 70 orang penyintas yang sudah secara sukarela dan ikhlas memberikan donor konvalesen.

"Kepada rekan-rekan yang sudah pernah terpapar Covid 19, kalian mempunyai sumbangsih yang sangat besar dalam membantu orang lain. Plasma convalesen yang didonorkan ini dapat menyelamatkan pasien covid lainnya. Itulah kuasa Tuhan, dibalik sebuah cobaan ada hikmah yang luar biasa untuk membangu sesama"pungkas Kapolda NTT.