Kapolres Alor Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan ke-78

Kapolres Alor Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan ke-78

Tribratanewsalor.com, - Apel Kehormatan dan Renungan Suci pada Kamis, 9 November 2023, sebagai bagian dari peringatan Hari Pahlawan ke-78. Acara yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Malua Galiau Batunirwala, Desa Petleng, Kecamatan Alor Tengah Utara, ini merupakan manifestasi penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat tinggi dan anggota masyarakat dari berbagai lapisan. Inspektur upacara, Kapolres Alor AKBP Supriadi Rahman S.I.K, M.M, memimpin acara dengan penuh hikmat, Perwira Upacara AKP Abdul Rahman Aba Mean dan Komandan Upacara IPDA Ricardus N. J. Nyomeo.

Peserta apel meliputi 1 Peleton Anggota Polres Alor, 1 Peleton Anggota Kodim 1622/Alor, 1 Peleton Anggota Sat. Pol PP Kab. Alor, 1 Peleton Anggota Lapas kelas II B Kalabahi, 1 Peleton PNS, dan 1 Peleton Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1622 Alor. Kehadiran mereka menunjukkan solidaritas dan kesatuan dalam mengenang jasa para pahlawan.

Hadir pula Sekda Kab. Alor Drs. Soni Alelang, Dandim 1622/Alor LETKOL INF. Amir Syarifudin, S.H., Kepala Pengadilan Negeri Kalabahi R.M.Suprapto, S.H, Kajari Alor D.L.M. Oktario Hutapea, SH, MH, Sekwan Kabupaten Alor, Daud Dolpaly, serta para perwira dari Polres dan Kodim 1622/Alor. Kehadiran mereka memberikan bobot dan makna lebih dalam peringatan ini.

Dalam acara ini, dilakukan serangkaian kegiatan yang mengingatkan kita semua pada pengorbanan para pahlawan. Mulai dari penghormatan, pembakaran lilin hingga momen renungan yang menyentuh hati, setiap detik acara ini menjadi pengingat akan pentingnya menghargai perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur.

Peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Alor ini bukan sekedar upacara, tetapi juga menjadi momentum untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dalam jiwa generasi muda. Ini adalah kesempatan untuk mengingat kembali bahwa kemerdekaan yang dinikmati hari ini adalah hasil dari pengorbanan para pahlawan yang tak terhitung jumlahnya.

Dengan peringatan ini, Kabupaten Alor berharap agar semangat kepahlawanan terus hidup di hati masyarakat, sebagai dasar untuk membangun bangsa yang lebih kuat dan bersatu. Ini adalah penghormatan yang sejati untuk para pahlawan bangsa, yang pengorbanannya akan selalu dikenang dan dihargai oleh generasi saat ini dan yang akan datang.