Irwasda Polda NTT : Laksanakan Tugas dan Tanggung Jawab Polri Secara Profesional, Proporsional, Obyektif dan Akuntabel

Irwasda Polda NTT : Laksanakan Tugas dan Tanggung Jawab Polri Secara Profesional, Proporsional, Obyektif dan Akuntabel

 Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M., menyampaikan beberapa arahan Kapolda NTT yang harus dilaksanakan dan dipedomani oleh seluruh anggota Polda NTT.

Penyampaian ini disampaikan Irwasda saat memimpin upacara bendera bulanan yang digelar di Lapangan Utama Mapolda NTT, Selasa (17/1/2023) pagi.

"Laksanakan tugas dan tanggung jawab Polri secara profesional, proporsional, obyektif dan akuntabel dengan dilandasi kode etik profesi dan moralitas yang tinggi sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman", ujar Irwasda Polda NTT.

"Perbaiki manajemen internal Polri, menghilangkan penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan dengan tetap dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, serta penegak hukum yang jujur, adil, transparan dan akuntabel", tambahnya.

Ditegaskannya agar seluruh personel menghindari tindakan yang tidak simpati atau arogan, kontra produktif, yang tidak mencerminkan perilaku seorang pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Selalu tingkatkan kesiapsiagaan operasional melalui deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif. Waspadai fenomena alam berupa banjir, tanah longsor, gelombang pasang atau tsunami, gempa bumi, hujan dan angin serta kebakaran lahan dengan menyiapkan satgas bencana tanggap darurat dan petakan setiap kerawanan sesuai dengan karateristik wilayah masing masing", tegasnya.

Laksanakan penegakkan hukum yang tidak diskriminatif, pasti dan tuntas serta memberikan penyelesaian dan menemukan solusi yang berkeadilan sehingga tidak menimbulkan konflik berkepanjangan.

"Buka komunikasi publik dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta kolaborasi dengan semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat sebagai implementasi sinergi polisional guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif", pintanya.

Diharapkan agar pemimpin memberikan contoh dan teladan serta melakukan pengawasan dan pengendalian guna membentuk anggota yang disiplin, berdedikasi dan loyal serta bangun kesadaran menjadi polisi sebagai panggilan jiwa.

"Membangun jiwa nasionalisme dan kebangsaan serta tidak terbawa kepada sentimen primordial terutama suku, agama dan Ras serta bangun sinergitas yang baik dengan TNI", harapnya.

Irwasda Polda NTT juga menyampaikan bahwa, tahun 2023 ini merupakan tahun politik yaitu, pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Terkait hal itu diharapkan persiapan pengamanan baik dari sisi langkah-langkah preventif dan preemtif guna mempersiapkan dan mengantisipasi segala potensi spektrum ancaman yang terjadi pada setiap tahapan pemilu nantinya.

"Polri harus menjamin bahwa seluruh tahapan pemilu ini bisa berjalan dengan baik sebagai pesta demokrasi, sehingga harapan masyarakat, berlangsung dengan aman dan tertib", ungkapnya.

Diakhir arahannya, Irwasda menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota atas prestasinya dalam melaksanakan tugas selama tahun 2022.

"Atas nama pimpinan polda NTT mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi -tingginya kepada seluruh anggota polda nusa tenggara timur dan jajarannya atas keberhasilan dalam melaksanakan tugas pokoknya pada tahun 2022 yang lalu. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan, bimbingan dan petunjuk-nya bagi kita sekalian dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara khususnya pada Provinsi Nusa Tenggara Timur", tandasnya.